Tuesday 22 May 2018

INI YANG MEMBEDAKAN MA DENGAN SMA


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halo sobat semua selamat datang di blog KanalKosong. Sobat tahukah kalian, di Indonesia ini ada puluhan ribu sekolah tingkat menengah atas yang letaknya tersebar di seluruh penjuru wilayah Indonesia dari ujung Sabang hingga ujung Merauke, dari sekian banyak sekolah-sekolah itu sebagian ada yang berbentuk MA atau Madrasah Aliyah. Lalu apakah kalian sudah tahu apa itu MA ?, dan bedanya apa dengan SMA ?, Jangan jangan kalian belum tahu. Atau mungkin yang lebih parah lagi selama ini kalian tidak tahu apa itu MA dan mengira kalau sekolah setelah SMP itu hanya SMA dan SMK saja, Hadeehh kalo beneran gitu parah parah. Kalau begitu agar kita bisa lebih tahu tentang MA simak penjelasan berikut dengan seksama.

Bagi yang belum tahu, Madrasah Aliyah atau yang biasa disingkat MA ini adalah "jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Pendidikan madrasah aliyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12." (https://id.wikipedia.org)

Jadi berdasarkan pengertian yang dikutip dari wikipedia diatas bisa kita ketahui bahwa MA atau Madrasah Aliyah adalah jenjang pendidikan formal yang posisinya atau tingkatannya setara dengan SMA. Selain kitu kita juga dapat mengetahui bahwa MA adalah lembaga pendidikan yang dikelola oleh Kementerian Agama. Hal yang perlu kalian ketahui selanjutnya adalah, Madrasah Aliyah ini ada yang swasta (dimiliki oleh yayasan/badan/perseorangan) dan ada yang negeri (dimiliki oleh negara). Jadi tidak semua Madrasah Aliyah dimiliki oleh negara sama seperti SMA ada yang negeri dan ada yang swasta. Untuk madrasah yang dimiliki oleh negara namanya adalah Madrasah Aliyah Negeri atau biasa disingkat MAN

Itu tadi sedikit penjelasan tentang MA yang perlu kalian ketahui. Selanjutnya mari kita pahami perbedaan antara Madrasah Aliyah (MA) ini dengan SMA. Banyak orang yang menganggap kalau MA itu sama dengan SMA, dan tidak bisa membedakan antara keduanya. Biasanya alasan mereka yang bilang begitu didasari oleh persamaan jurusan yang ada di SMA yang juga ada di MA. Tetapi ada beberapa hal yang membedakan MA dengan SMA yang jarang orang ketahui yaitu, diantaranya :

          1. DIKELOLA KEMENTERIAN AGAMA
Perbedaan yang pertama adalah pengelolanya, berbeda dengan SMA atau yang pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, MA pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Agama. Jadi, Kementerian Agama lah yang mengurus dan mengatur segala hal yang di butuhkan oleh MA, baik itu sarana prasarana, buku pelajaran, hingga materi ajar. Meskipun begitu, bukan berarti semuanya diatur sendiri, akan tetapi juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dalam berbagai hal seperti dalam hal, kurikulum, ujian nasional, dan standar kompetensi/ SKL yang harus dikuasai oleh para siswanya terutama pada mapel-mapel wajib seperti PKN, matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris dan lainnya.

          2. MERUPAKAN SEKOLAH ISLAM
Madrasah Aliyah adalah sekolah umum yang dalam menjalankan kegiatan pembelajarannya disertai dengan penanaman dan penerapan nilai-nilai serta ilmu islam. Jadi, disini para siswa dilatih agar lebih terbiasa menjalankan aktvitas sambil mempraktekan ajaran islam dengan baik mulai dari hal dasar seperti, cara berpakaian, bertutur kata, beribadah. yang didukung suasana sekolah yang islami. Ini tentu sangat berbeda dengan SMA yang lebih menerapkan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat secara umum.Oleh karena itu MA ini bisa kita sebut sebagai sekolah islam atau sekolah yang islami.

          3. PELAJARAN AGAMANYA LEBIH BANYAK (AGAMA ISLAM)
Pelajaran agama islam di MA jam pelajarannya lebih banyak dari SMA bukan hanya jamnya, materinya pun sedikit lebih banyak dari SMA, atau lebih tepatnya lebih dalam yang dipelajari seperti fikih, Al Qur'an Hadist dan lainnya. Berbeda dengan dengan SMA yang mungkin lebih sedikit porsinya dibanding MA. Sebenarnya materi agama yang diajarkan di SMA dan MA tidak jauh berbeda hanya saja di MA untuk materi agamanya dikembangkan dan ditambah oleh kementerian agama dari materi dasar yang sudah ditentukan dalam kurikulum. Jadi, lebih banyaklah yang harus dipelajari.
  
          4. ADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
Yang keempat ada pelajaran bahasa arab yaah, bahasa arab. Adanya mapel bahasa arab inilah salah satu hal yang membedakan antara SMA dan MA. Bahasa arab adalah salah satu dari tujuh mata pelajaran wajib yang diajarkan di MA. mapel ini tidak akan didapatkan oleh anak-anak yang bersekolah di SMA karena memang, untuk sekolah formal, pelajaran ini hanya diajarkan di Madrasah, dan MA merupakan salah satunya. Keberadaan mapel bahasa arab ini tentu bukan hal yang aneh karena, MA adalah sekolah yang menjadikan ilmu agama sebagai salah satu skill utama yang harus dikuasai oleh anak-anak MA, dan kebanyakan materi yang harus dipelajari berbahasa arab jadi, untuk dapat memahami dengan baik semua materi tersebut tentu sudah sewajarnya mereka harus belajar bahasa arab juga.

          5. JURUSAN KEAGAMAAN
Yang terakhir adalah sesuatu yang tidak akan kalian temui di SMA yaitu, jurusan keagamaan. Umumnya di SMA kita mengenal ada 3 jurusan peminatan yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Kalau di MA ada empat yaitu IPA, IPS, Bahasa, dan Keagamaan. Inilah yang salah satu hal lainnya yang membedakan MA dengan SMA. Jadi untuk jurusan peminatannya bisa dibilang semua jurusan peminatan yang disediakan di SMA juga ada di MA, hanya saja bedanya kalau di MA jurusannya ditambah satu yaitu, jurusan keagamaan. Tapi satu hal yang perlu diingat, tidak semua sekolah menyediakan keempat-empatnya, terkadang karena keterbatasan tenaga pengajar dan sarana, hanya tiga diantaranya saja yang bisa disediakan oleh beberapa sekolah. Di jurusan ini banyak mempelajari ilmu-ilmu islam dan yang ilmu lain yang berhubungan yang mungkin bisa dibilang serba arab seperti, bahasa arab, hadist, fikih, ilmu tafsir, ilmu kalam/mantiq dan lainnya.

Oke, Itulah beberapa hal yang membedakan Madrasah Aliyah (MA) ini dengan SMA secara umum yang bisa kita ketahui berdasarkan dari apa yang aku tahu. Sekian dan terima kasih sudah membaca yaa. Apabila ada kritik, saran, pendapat, silahkan tulis di kolom komentar okee.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 comments:

Post a Comment