Sunday 23 November 2014

Dua bangun datar kongruen: latihan 4

Catatan ke-11:


A. Latihan Soal.
Perhatikan gambar bangun datar dibawah ini! Tentukan sisi dan sudut yang kongruen dari dari dua segitiga? Jelaskan jawabanmu!


Jawaban:
  • Kita tahu bahwa syarat dua bangun datar adalah: 
    • Sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang; dan 
    • Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.
  • Saya letakkan huruf di masing-masing ujung dari setiap segitiga. Lalu, saya dapatkan segitiga ABD dan segitiga BCD.

  • Untuk segitiga ABD dan BCD.
    •  Berikut ini adalah sudut-sudut yang bersesuaian dan besarannya:
      • ?ABD bersesuaian dengan ?CDB, then ?ABD = ?CDB = 350
      • ?BDA bersesuaian dengan ?DBC, then ?BDA = ?DBA = 550
      • ?DAB bersesuaian dengan ?BCD, then ?DAB = ?BCD = 900
      • Saya dapatkan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. Salah satu syarat terpenuhi.
    • Berikut ini adalah sisi-sisi yang bersesuaian dan ukurannya:
      • AB bersesuaian dengan CD, maka AB = CD
      • BD bersesuaian dengan DB, maka BD = DB
      • DA bersesuaian dengan BC, maka DA = BC
      • Saya dapatkan sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang. Salah satu syarat lainnya juga terpenuhi.
Berdasarkan penjelasan diatas, saya dapat simpulkan bahwa dua syarat untuk dua bangun datar terpenuhi. Maka, segitiga ABD kongruen dengan segitiga BCD.


Happy blogging!

Ibnu Kahfi

Artikel Terkait:
Matematika
  • Dua bangun datar kongruen.
  • Dua bangun datar kongruen: Latihan 1.
  • Dua bangun datar kongruen: Latihan 2.
  • Dua bangun datar kongruen: Latihan 3.
  • Dua bangun datar kongruen: Latihan 4.

0 comments:

Post a Comment